Nutrisi Bakteri

Pengertian Dan Tahap Respirasi Aerob Dan Anaerob

Respirasi aerob adalah bentuk respirasi selular yang membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi. Respirasi aerob adalah proses menghasilkan energi dengan oksidasi penuh nutrisi melalui siklus krebs dimana oksigen adalah akseptor elektron terakhir.

Dengan respirasi aerobik, glikolisis berlanjut dengan siklus krebs dan fosforilasi oksidatif. Relaksi pasca-glikolitik terjadi pada mitrokondria dalam sel eukariotik, dan di sitoplasma dalam sel prokariotik. Metabolisme aerobik lebih efisien daripada metabolisme anaerob dalam hal keuntungan bersih ATP.

Glikolisis merupakan peristiwa pemecahan 1 molekul glukosa menjadi 2 molekul asam piruvat. Reaksi ini terjadi di sitoplasma sel. Glikolisis terdiri atas 10 langkah dan masing-masing dikatalisis oleh enzim yang spesifik.

Semua mahluk hidup membutuhkan sumber energi kimiawi untuk hidup. Hewan dan manusia makan makanan sebagai sumber energi kimia. Tanaman membuat makanan dengan menggunakan energi sumber matahari dalam proses yang disebut fotosintesis

Leave a Reply

Your email address will not be published.